Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola

Kami percaya bahwa kami perlu melampaui layanan hukum komersial untuk memenuhi kebutuhan Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (Environment, Social, and Governance – ESG) klien kami. Dengan segala perubahan yang cepat saat ini, bisnis tidak hanya harus fokus pada pertumbuhan dan profitabilitas namun juga dampaknya terhadap lingkungan, masyarakat, dan standar tata kelola. Untuk tujuan ini, kami menawarkan serangkaian layanan yang disesuaikan untuk membantu klien kami menavigasi kompleksitas pertimbangan ESG.

Baik dalam mengembangkan kebijakan ESG, melakukan penilaian risiko, atau menerapkan praktik bisnis berkelanjutan, kami memberikan panduan praktis dan dukungan di setiap langkah. Melalui penyelarasan tujuan klien kami dengan mempertimbangkan perlindungan lingkungan, tanggung jawab sosial, dan praktik tata kelola yang kuat, kami dapat membantu menciptakan nilai tidak hanya bagi pemegang saham perusahaan tetapi juga bagi seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat secara luas.

Layanan ESG
Layanan ESG kami dirancang untuk memberdayakan perusahaan agar dapat berkembang dengan perubahan yang pesat sekaligus memberikan dampak positif terhadap standar lingkungan, masyarakat, dan tata kelola, yang mencakup:

a. Corporate ESG Policy Development

Kami berkolaborasi erat dengan klien untuk mengubah nilai-nilai dasar perusahaan menjadi kebijakan nyata, meletakkan dasar bagi praktik etika dan perubahan positif. Tim kami melakukan penilaian menyeluruh, memeriksa setiap aspek organisasi Anda, mulai dari seluk-beluk operasional hingga struktur tata kelola dan dinamika pemangku kepentingan. Analisis ini memastikan bahwa kebijakan-kebijakan ESG perusahaan yang dihasilkan tidak hanya relevan namun juga dapat diimplementasikan.

b. ESMS Development

Sistem Manajemen Lingkungan dan Sosial (Environmental and Social Management System – ESMS) berfungsi sebagai serangkaian kebijakan, alat, dan kerangka pelaporan yang disesuaikan untuk membantu perusahaan dalam menavigasi dan mengintegrasikan pertimbangan ESG ke dalam operasi mereka sehari-hari. Kami mengkhususkan diri dalam menyusun solusi ESMS yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik klien. Pendekatan dimulai dengan fase penilaian yang dilakukan secara dekat dengan setiap klien untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam kinerja ESG mereka. Selanjutnya, analisis ini menghasilkan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti dan dirancang untuk mengatasi kesenjangan yang sebelumnya telah teridentifikasi.

c. Standards Operation Procedure (SOP) and Code of Conduct Drafting

Kami berspesialisasi dalam menyusun SOP dan Kode Etik untuk menyelaraskan praktik-praktik ESG dalam operasi klien kami, yang mengatur dimensi Lingkungan, Sosial, Tata Kelola, atau Kinerja. Solusi khusus kami menekankan kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan praktik terbaik global. SOP yang dirancang untuk klien kami sebelumnya mencakup efisiensi sumber daya, manajemen rantai pasokan berkelanjutan, keragaman dan inklusi (diversity and inclusion), keanekaragaman hayati, mekanisme penanganan keluhan, kode etik kekerasan berbasis gender, eksploitasi seksual dan pelecehan, serta tata kelola perusahaan yang baik.

d. IFC’s ESG Standards Compliance

Semakin banyak investor yang memanfaatkan Standar Kinerja (Performance Standards) International Finance Corporation (IFC) dalam Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial sebagai tolok ukur untuk menilai kinerja ESG perusahaan. Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam menerapkan standar-standar ini, tim kami berpengalaman dalam memastikan bahwa kinerja perusahaan selaras dengan Standar Kinerja Keberlanjutan Lingkungan dan Sosial IFC atau tolok ukur ESG lain yang relevan.

e. Environment and Social (E & S) Due Diligence

Perusahaan kami menawarkan layanan dalam melakukan Uji Tuntas Lingkungan dan Sosial, membantu klien kami dalam membuat keputusan yang tepat dengan menilai risiko dan peluang yang terkait dengan potensi investasi dan usaha mereka. Selain itu, kami memiliki pengalaman luas dalam melakukan uji tuntas untuk ESG dan investasi dampak, termasuk evaluasi kriteria gender dan inklusi.

Portfolio and Experiences
Dengan beragam keahlian, kami telah berhasil melayani berbagai jenis klien yang mencakup Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan publik, perusahaan swasta, koperasi, dan investor berdampak (impact investor).

Beberapa pengalaman terpilih kami meliputi:

  • Mengembangkan serangkaian ESAP, ESMS, dan SOP untuk efisiensi sumber daya, manajemen rantai pasokan berkelanjutan, dan lainnya untuk sebuah perusahaan yang beroperasi di sektor makanan dan minuman yang menyediakan jaringan kopi terbesar di Indonesia.
  • Memberikan saran strategis untuk memastikan kepatuhan terhadap persyaratan ESG untuk investasi IFC sebesar USD 15 juta dalam sebuah perusahaan layanan kesehatan Indonesia terkemuka, didukung oleh perusahaan modal ekuitas swasta.
  • Memberikan saran tentang integrasi prinsip ESG di seluruh kebijakan sumber daya manusia, termasuk prosedur pengaduan untuk pelecehan seksual dan peraturan perusahaan, untuk sebuah perusahaan publik yang beroperasi di industri kecantikan.
  • Memberikan advis kepada sebuah perusahaan Teknologi dan Solusi Layanan End-to-End dalam mengintegrasikan prinsip ESG di seluruh kebijakan sumber daya manusia sebagai prasyarat investasi dari perusahaan modal ventura.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai portofolio kami, silakan hubungi kami di admin@nandp.or.id.